Kamis, 08 November 2012

ARTIKEL WEBSITES


Design web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhandan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yangutama memusatkan pada tampilan dan cita rasa.Sedangakan aspek yang mencangkup pada designweb antara lain menciptakan animasi dan grafik,pemilihan warna ,grafik dan font .(sumber: .scribd.com)




Fungsi  design web , antara lain :
1. Fungsi Komunikasi
Situs web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karena dibuat menggunakan pemrograman web(server side) maka dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.
2. Fungsi Informasi
  •  Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya
  •  Sebaiknya berisi teks dan grafik
  • Fasilitas yang memberikan fungsi informasi,news,file,company,library,prefences dll.
3. Fungsi Entertainment
Sebagai sarana hiburan/penggunaan animasi gambar dan element bergerak dapatmeningkatkan mutu persentasi design,meski tetap harus mempertimbangkan kecepatandownloadnya.Contoh fungsi Entertaiment: game online,film online,music online dll.4.
 
4.Fungsi Transaksi
Situs web dapat dijadikan transaksi bisnis baik barang jasa,dll.situs web menghubungkanperusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui sarana elektronik.Pembayarannyabisa memudahkan kartu kredit,transfer atauupun membayar langsung.(sumber : http:// rasqalani.wordpress.com)
Prinsip – prinsip membuat design web yang baik ,adalah :
1. Isi
Yang pertama-tama dipikirkan adalah apa yang ingin ditampilkan dalam web. Apakah itu company profile, atau berita, atau koleksi gambar.

2. Struktur menu
Setelah tahu apa yang akan ditampilkan baru kemudian dirancang menu-menunya. Menu-menu nanti yang akan menjadi navigasi untuk mengarahkan pengunjung supaya mudah menemukan informasi yang perlu ia dapatkan.

3. Disain
Supaya pengunjung merasa nyaman browsing di website anda, anda harus membuat supaya web anda cantik. Pilihan warna-warna juga perlu dilakukan supaya mata yang melihatnya enak. Flash juga perlu, tapi dijaga supaya tidak terlalu ramai.

4. Mudah diindex oleh mesin pencari /search engine
Cara pembuatan HTML file juga perlu diperhatikan supaya search engine seperti Google mudah mengindex sehingga calon pelanggan yang sedang melakukan searching di Google mudah menemukan web anda sehingga anda mempunyai peluang mendapat pelanggan baru.

5. Ukuran file
Ukuran file juga harus diperhatikan supaya pengunjung cepat melihat web anda. Kalau terlalu menunggu, pengunjung akan meninggalkan web anda dan pindah ke tempat lain.

6. Pemasaran
Harus ada pemasaran yang efisien sehingga web anda dikenal orang. Ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Jika dananya terbatas maka lakukan dengan online, jika dananya cukup lakukan gabungan pemasaran offline dan online. Untuk online lakukan dengan SEO (Search Engine Optimization), sehingga website anda mudah ditemukan melalui Google

7. Offline marketing tool
Website yang dihasilkan harus bisa disimpan dalam versi CD sehingga bisa dipakai sebagai Company Profile CD atau Product Catalog CD. CD ini juga bisa dipakai sebagai presentation tool untuk team sales dan marketing.(sumber: http://snytx.blogspot.com)
kriteria situs web yang baik ,yaitu :
1. Usability
Jacob Nielsen sang guru usability, usability adalah ' dapatkah seorang user menemukan cara untuk menggunakan website tersebut dengan efektif ( doing things right ). Masih menurut Jacob, usability memiliki 5 karakteristik :
- Mudah untuk dipelajari;
- Efisien untuk digunakan;
- Mudah untuk diingat;
- Tingkat frekuensi kesalahan;
- Tingkat kepuasan pemakai;
Karakteristik yang telah ditentukan oleh Jacob Nielsen akan sangat sulit kita terapkan 100%, apalagi kalau sudah menyangkut kepentingan klien web, tetapi paling tidak bisa menjadi acuan yang membantu kita untuk merancang layout suatu website, agar website tersebut :
- Mudah dipelajari penggunaannya oleh pengunjung;
- Mudah diingat dan digunakan navigasinya oleh pengunjung;
- Dapat digunakan secara efisien;
- Memperkecil tingkat kesalahan pemakaian oleh pengunjung dalam mengoperasionalkan web;
- Memuaskan pengunjung hingga akhirnya tertarik untuk kembali lagi;
2. Sistem navigasi
Navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung secara keseluruhan.

3. Graphic Design
Pemilihan grafis, layout, warna, bentuk maupun typografi yang menarik visual pengunjung untuk menjelajahi website.

4. Content
Isi/konten yang bermanfaat ( 'Content is king , but without good design , Content is a naked king' ), kecuali website tersebut adalah website eksperimental/show off.
5. Kompatibilitas
Seberapa luas sebuah webite didukung kompabilitas peralatan yang ada, misalnya browser dengan berbagai plug-in nya ( IE, Mozilla, Opera, Netscape, Lynx, Avant, Maxthon dan masih banyak lagi dengan berbagai versi dan plugin nya)
6. Loading time
Waktu panggil (loading time), walaupun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi waktu panggil (loading time) website yang akan kita buka, diantaranya: besar bandwith/koneksi pengakses, kondisi webserver pada saat diakses, aplikasi yang digunakan dalam membangun website,dsb. Anda memiliki waktu 8 detik pertama untuk meyakinkan pengunjung untuk meneruskan menjelajahi website anda atau menutup browser dan pergi ke website lain. Oleh karena itu, letakkan 'sesuatu' di 8 detik pertama tersebut yang bisa menarik perhatian pengunjung.
Hint: ukuran sebuah halaman web html dengan image di dalamnya (tanpa flash) adalah kurang lebih 50-60 kb.
7. Functionality
Ini akan melibatkan programmer dengan script-scriptnya, misal PHP,ASP,Java,CGI dsb, untuk menciptakan sebuah website yang dinamis, interaktif dan 'hidup' yang bisa mengajak pengunjung berkomunikasi secara langsung. Seberapa baik sebuah website bekerja dari aspek teknologikal nya.
Satu hal lagi aspek yang tidak boleh kita lupakan adalah accesibility, yaitu memaksimalkan penggunaan sebuah content ketika satu/lebih indera kita dimatikan/dikurangi (khususnya mata), ingat bahwa mungkin saja pengunjung website kita adalah orang yang memiliki kekurangan secara fisik ( Accesibility Checklist Recomendationnya W3C ).(sumber : http://ict.perbanas.ac.id)
Jenis-jenis rancangan website
Seiringan dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, website juga mengalami perkembangan yang sangat berarti. Dalam pengelompokkan jenis web,lebih di arahkan berdasarkan kepada fungsi, sifat atau style dan bahasa pemrogramanyang di gunakan.Jenis – jenis Web berdasarkan sifat atau style-nya :
v  Website Dinamis, merupakan sebuah website yang menyediakan content atau isiyang selalu berubah - ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang di gunakanantara lain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan database MySQL atau MS SQL.Misalnya website www. Artikel-it.com, www.detik.com,www.technomobile.co.cc, www. Polinpdg.ac.id dan lain-lain.
v  Website Statis, merupakan website yang content-nya sangat jarang diubah.Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkandatabase. Misalnya : web profile organisasi, dan lain-lain.(sumber: http://www.scribd.com)

Macam-macam program web design ,al:
Website Statis
Website ini adalah website yang sudah lampau namun masih banyak juga yang menggunakan.  Website statis tidak memiliki fasilitas interaktif dengan pengunjung dan mempunyai ciri sebagai website presentasi. Ini adalah Website pertama dan pada saat itu hampir di seluruh dunia menggunakannya. Contoh website statis sekarang sudah agak sulit di temui meskipun masih ada. Website Irwan studio arsitektur adalah salah satu contoh website statis yang masih bisa dikunjungi.


Website ini bisa dibuat dengan program notepad, microsoft Word, Dreamweaver serta Photoshop.


Website statis ini merupakan jalan pertama untuk sampai pada website dinamis seperti sekarang ini.



Website Dinamis

Website dinamis adalah generasi selanjutnya setelah website di atas. Website dinamis mempunyai banyak kelebihan. Wajar saja mempunyai kelebihan dibandingkan dengan website statis karena ini adalah website generasi lanjutan.


Website dinamis biasanya menggunakan file asp atau php dan lain sebagainya. Penggunaan Website dinamis membuka jendela baru bagi pengalaman berselancar di internet, kita bisa melakukan teransaksi online, mendaftar pada suatu situs, melakukan diskusi di forum,  dan lain sebagainya.


Kemudian perkembangan selanjutnya dari website dinamis ini adalah memunculnya beberapa Content Management system yang semakin memudahkan kita untuk membangun Website. Dengan CMS admin Website tidak harus memahami bahasa pemrograman dan hanya menggunakan menu - menu pada halaman admin.(sumber : http://www.desain-website.info)
HTML adalah HyperText Markup Language merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.(sumber: http://mkr-site.blogspot.com)








0 komentar:

Posting Komentar